Senin, 13 Maret 2017

Cara Menyemai Benih Menggunakan Starter Kit Pemula


Merupakan Stater kit paling basic dengan harga ekonomis, tanpa bak nutrisi. Pemula yang tertarik untuk mulai belajar hidroponik dengan budget terbatas bisa memanfaatkan paket ini dan membuat bak nutrisi sendiri dari bahan bekas. Atau cukup menggunakan botol bekas kemasan air mineral.

Isi Paket Starter Kit Hidroponik Ekonomis :

Rockwool utk 30 pot
Nutrisi utk 100 liter
Netpot 8 pcs
Kain Flanel sebagai sumbu 8 sumbu
Benih 3 macam

Petunjuk Dasar Proses Penanaman

Cara melarutkan kan nutrisi

  1. Siapkan air dalam 2 wadah masing masing 450ml.
  2. Larutkan bubuk yang agak kasar,  aduk rata agar jumlah nya 500ml tambahkan air jika kurang. Simpan dalam botol.  Beri label dengan tulisan larutan A
  3. Ulangi proses yang sama untuk laruan lain berwarna hijau. Larutkan sekaligus aduk.tambahkan air agar total 500ml..Simpan di botol.namanya larutan B
Semai Benih
  1. Potong Rockwool dengan ukuran 2 X 2 X 1 cm
  2. Lubangi Rockwol menggunakan tusuk gigi atau paku dengan kedalam 1-1,5 cm
  3. Masukkan benih yang disediakan dalam pake - Kangkung bisa 4 - 5 benih per lubang, Sawi 2 benih per lubang. Selada  1 benih per luban
  4. Benih agak dibenamkan menggunakan tusuk gigi sehingga terbenam lebih dalam didalam lubang sema.
  5. Susun Rockwol dalam tatakan rata atau tray benih jika ada
  6. Sirami dengan air nutrisi. Usahakan menggunakan penyemrot/sprayer agar kelembababnya merata.
Cara membuat campuran larutan A dan B siap pakai untuk penyemaian

  1. Siapan satu liter air bersih, sebaiknya air sumur atau air hujan dengan PH baik Anda juga bisa menggunakan air isi ulang. Hindari penggunan air PAM. Tambahkan 2-3 ml larutan A dan B kedalam satu liter air. Aduk sampe rata
  2. Tempatkan larutan pada sprayer. Semprotkan pada rockwoll yang sudah terisi benih.
  3. Saat muncul bintik putih di benih, kenalkan segera pada  sinar matahari antara jam tujuh sampe sebelas, untuk menghindari tanaman tumbuh KUTILANG (Kurus Tinggi Langsing)
  4. Monitor kelembangan rockwoll, tambahkan air jika terlalu kering. Anda bisa menggunakan penutup dari plastik hitam untuk menghindari penguapan berlebih.

Satu hal yang yang memberi pengaruh tumbuhnya tanaman yang sehat dan baik adalah mengenalkan pada matahari sejak dini dan secara bertahap lamanya. Bisa mulai dengan 3 jam dan ditambah terus pada hari berikutnya.

Pemindahan ke media tanam permanen


Setelah benih tumbuh empat  daun, bisa mulai dipindahkan ke netpot dan diberi nutrisi 400 ppm. Kekentalan larutan/ppm bisa dinaikkan  seiring bertambahnya usia tanaman.

Aturan Kekentalan larutan

  • untuk sayuran daun maksimal antara 700- 1000 ppm (jika menggunakan alat TDS) untuk yang belum memiliki bisa mengikuti aturan yang tertera pada kemasan nutrisi. Sekitar 7 ml larutan A dan 7 ml lautan B untuk satu liter air.
  • Untuk sayur  buah atau buah saat berbunga dan berbuah, kepekatannya ditambah. Masing masing 10 ml untuk satu liter air.

Selamat berkebun, dan sukses selalu


EmoticonEmoticon