Jumat, 10 Maret 2017

Pengertian Budidaya Sistim Hidroponik



Picture credit to : www.goodfruitandvegetables.com.au

Waduhhhhh .... Saya sudah bikin banyak posting tentang kegiatan hidroponik, tapi belum membahas apa itu Hidroponik, ya. Memang, yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai pengertian budidaya sistim hidroponik.

Bukan lupa, sebenarnya. Tapi, saya tidak ingin terjebak bahas teori panjang kali lebar kali tinggi, seperti banyak Fanspage yang lain. Intinya pengen lebih banyak praktek. Kasih tutorial berdasarkan apa yang saya kerjakan dan posting update dari cara yang sudah disampaikan sebelumnya.

Percuma kan, jika ternyata yang dibahas dimari kagak applicable?

Berikut, sedikit tulisan awal alias dasar banget mengenai apa itu Hidroponik. InsyaAllah akan disusul dengan tulisan lain. Selang-seling, gitu manteman biar gak bosen.

Apa itu Hidroponik? Mas ganteng, mau jelasin nggak, Sebenarnya apa sih pengertian budidaya sistim hidroponik itu

Mungkin tulisan ringkas seputar pengertian budidaya sistim hidroponik ini bisa membantu.

Sederhanannya hidroponik itu bercocok tanam tanpa tanah.

Kok bisa?

Pada prinsipnya, tanaman tidak butuh tanah, tapi mereka membutuhkan vitamins dan mineral yang tersedia dalam tanah. Kayak manusia aja, ya :v

Selain itu, tanaman juga butuh cahaya, air karbon dioksida dan oksigen untuk pertumbuhan akar. Dalam budidaya sistim hidroponik, tanaman tumbuh pada media seperti batuan, sabut kelapa, atau sekam. * media tanam yang lengkap akan kita bahas pada kesempatan lain.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tanaman menerima asupan unsur hara utama dan mikro dari larutan yang dibuat dengan kandungan pas sesuai kebutuhannya.

Tanaman Apa yang Bisa Tumbuh? 

Hampir semua tanaman bisa dibudidayakan secara hidroponik. Termasuk; Sayuran, Tanaman Herbal, Buah, dan bunga hias.

Keunggulan Metode Hidroponik

Metode hidroponik menawarkan banyak keunggulan dari sistim pertanian konvensional yang menggunakan tanah.


  • Budidaya sistim hidroponik dapat dilakukan sepanjang tahun, mengingat kondisi musim dan cuaca dapat dikendalikan dengan pemanfaatan 'Green House'. 
  • Pertumbuhan tanaman pada budidayaa sistim hidroponik bisa lebih cepat karena kebutuhan nutrisinya terjamin. Tanaman tidak perlu bekerja ekstra  menumbuhkan jaringan akar yang kompleks untuk mencari kebutuhan unsur hara dan makro yang diperlukan. 


Apa saja keuntungan lain dari budidaya sistim hidroponik? Tunggu tulisan berikutnya. :)

Ngomong ngemeng, saya juga butuh feedback. Kira-kira model tulisan seperti apa yang diinginkan teman-teman. Maklum sejauh ini saya cuma bicara satu arah, kayak jalur Busway. Tulis aja di kolom komentar InsyaAllah akan saya penuhi jika saya bisa dan punya waktu luang.

Happy Farming, mari kita isi kemerdekaan ini dengan bebas dari penjajahan pangan. Minimal punya pohon tomat dan cabe sendiri di halaman setelah membaca artikel tentang pengertian budidaya sistim hidroponik ini.


EmoticonEmoticon